Rabu, 05 Desember 2012

Aspek keamanan komputer



KATA  PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT dan junjungan besar Nabi Muhammad SAW, karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapatmenyelesaikan makalah ini tepat waktu.Melalui makalah ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-baesaranya kepada pembimbing mata kuliah (Dosen) dan semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian makalah ini penulis menyadari dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang tentunya bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.


                                                                                   Makassar, 12 November 2012


                                                                                                      Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi pada abad ke-21 ini telah memberikan kepraktisan bagi masyarakat modern untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi secara elektronik, salah satunya dalam bidang bisnis seperti perdagangan dan perbankan. Dengan teknologi informasi, khususnya dengan jaringan komputer yang luas seperti Internet, barang dan jasa dapat dipromosikan secara luas dalam skala global. Kepada calon konsumen pun diberikan pula kemudahan-kemudahan yang memungkinkan mereka mengakses dan membeli produk dan jasa yang dimaksud secara praktis, misalnya pelayanan kartu kredit. Perkembangan ini rupanya membawa serta dampak negatif dalam hal keamanan. Praktek-praktek kejahatan dalam jaringan komputer kerap terjadi dan meresahkan masyarakat, misalnya pencurian sandi lewat dan nomor rahasia kartu kredit. Akibat dari hal seperti ini, aspek keamanan dalam penggunaan jaringan komputer menjadi hal yang krusial.
Dalam dunia komunikasi data global dan perkembangan teknologi informasi yang senantiasa berubah serta cepatnya perkembangan software, keamanan merupakan suatu isu yang sangat penting, baik itu keamanan fisik, keamanan data maupun keamanan aplikasi.
Perlu kita sadari bahwa untuk mencapai suatu keamanan itu adalah suatu hal yang sangat mustahil, seperti yang ada dalam dunia nyata sekarang ini. Tidak ada satu daerah pun yang betul-betul aman kondisinya, walau penjaga keamanan telah ditempatkan di daerah tersebut, begitu juga dengan keamanan sistem komputer. Namun yang bisa kita lakukan adalah untuk mengurangi gangguan keamanan tersebut.

B.   Rumusaan masslah
pada makalah in penulis akan membahas tentang “Aspek kemanan komputer” yang meliputi :
a.    Keamanan Sistem Komputer
b.    Aspek keamanan komputer
c.    Konsep Keamanan
d.    Lingkup Pengamanan
e.    Bentuk-Bentuk Ancaman
f.     Program Perusak/Pengganggu



 
BAB II
PEMBAHASAN

A.   Keamanan Sistem Komputer
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Dalam keamanan sistem komputer yang perlu kita lakukan adalah untuk mempersulit orang lain untuk mengganggu sistem yang kita pakai, baik itu kita menggunakan komputer yang sifatnya stand alone, jaringan local maupun jaringan global. Kita harus memastikan system bisa berjalan dengan baik dan kondusif, selain itu program aplikasinya masih bisa dipakai tanpa ada masalah.
Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer terus terjadi dan cenderung meningkat adalah sebagai berikut :
1.      Meningkatnya pengguna komputer dan internet
2.      Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin ada disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
3.      Banyaknya software-software untuk melakukan probe dan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.
4.      Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
5.      Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani, sementara SDM terbatas.
6.      Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer.
7.      Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
8.      Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
9.      Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs).

B.   Aspek Keamanan Komputer
Aspek keamanan komputer adalah bentuk pertimbangan yang menyatakan sebuah komputer bisa dinyatakan aman. aspek keamanan komputer meliputi hal-hal seperti berikut ini :
v  Authentication, yaitu agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut datang dari orang yang dimintai informasi.
v  Integrity,  yaitu keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalanan informasi tersebut.
v  Nonrepudiation, yaitu merupakan hal yang yang bersangkutan dengan sipengirim, sipengirim tidak dapat mengelak bahwa dia lah yang mengirim informasi tersebut.
v  Authority, yaitu Informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasioleh pihak yang tidak berhak atas akses tersebut.
v   Confidentiality , yaitu merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang  tidak berhak mengakses.
v  Privacy, yaitu merupakan lebih kearah data-data yang sifatnya privat (pribadi).
v  Availability, yaitu Aspek availability atau ketersediaan berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
v   Access Control, yaitu Aspek ini berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi.

C.   KONSEP KEAMANAN
Tujuan/Syarat Keamanan;
v  Kerahasiaan (Secrecy). berhubungan dengan hak akses untuk membaca data atau informasi dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data atau informasi hanya dapat dibaca oleh pihak yang telah diberi hak atau wewenang.
v  Integritas (Integrity). berhubungan dengan hak akses untuk mengubah data atau informasi dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data atau informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang telah diberi hak.
v  Ketersediaan (Availability). berhubungan dengan ketersediaan data  atau informasi pada saat yang dibutuhkan. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data atau informasi yang  terdapat pada sistem komputer dapat diakses dan dimanfaatkan oleh pihak yang berhak.

D.   Lingkup Pengamanan
1.    Pengamanan Secara Fisik. Komputer secara fisik adalah wujud komputer yang bisa dilihat dan diraba, seperti monitor, CPU, keybord, dan lain-lain.
2.    Pengamanan Akses.  Ini dilakukan untuk komputer PC yang menggunakan sistem operasi lagging (penguncian)  dan sistem operasi jaringan.
3.    Pengamanan Data.  Pengamanan data dilakukan dengan menerapkan sistem tingkatan atau hirarki akses di mana seseorang hanya dapat mengakses data tertentu saja yang  menjadi haknya.
4.    Pengamanan Komunikasi Jaringan.  Jaringan di sini berkaitan erat dengan pemanfaatan jaringan baik privat maupun publik seperti internet.

E.   Bentuk-bentuk Ancaman
Bentuk-bentuk ancaman yang mungkin terjadi pada sistem komputer baik yang berbasis jaringan maupun tidak pada dasarnya dibedakan menjadi empat kategori, yaitu:
a.    Interruption merupakan suatu bentuk ancaman terhadap availability
b.    Interception merupakan suatu bentuk ancaman terhadap secrecy
c.    Modification merupakan suatu bentuk ancaman terhadap integrity
d.    Fabrication juga merupakan suatu bentuk ancaman terhadap integrity

F.    Program Perusak/Penggangu
Secara garis besar program yang umumnya merusak atau mengganggu sistem komputer antara lain dapat dikelompokkan seperti Bug , Chameleons, Logic Bomb, Troj an Horse, Virus, dan Worm. Prinsip Desain Pengamanan berupa Least Privilege, Economy of  Mechanisms, Complete Mediation, Open Design, Separation of  Priviledge, Least Common Mechanism, Psychological Acceptability .  Sedangkan datangnya ancaman keamanan pada komputer bisa terjadi karena :
Ø  serangan dari dalam atau lokal komputer (local attack),
Ø  karena melakukan akses ke Internet, dan
Ø  karena adanya serangan haker (Hacker attack).



BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Aspek keamanan komputer adalah bentuk pertimbangan yang menyatakan sebuah komputer bisa dinyatakan aman. aspek keamanan komputer meliputi hal-hal seperti berikut ini :
a.    Pripacy
b.    Integrity
c.    Autentication
d.    Availability

B.   Saran
Makalah inisangat jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk makalah ini. Semoga makalah ini bisa menjadi salah satu acuan dalam pembuatan makalah selanjutnya.

Daftar Pustaka

JAKARTA (Berita SuaraMedia) – Situs Whistleblower WikiLeaks
http://radarlampung.co.id/read/lampung-raya/lambar-waykanan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar